12 Hal Yang Bisa Anda Lihat dan Lakukan secara Gratis di Sydney

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Sydney menjadi kota yang menawarkan sejuta pesona. Selain merupakan rumah bagi acara kelas dunia, banyaknya restoran dengan menu yang memanjakan lidah, hingga pusat belanja barang-barang premium, Sydney masih menawarkan pesona lainnya bagi para wisatawan. Tak melulu harus merogoh kocek untuk menikmati kota modern Sydney, ada banyak hal lain yang tidak memerlukan biaya sepeser pun untuk dilihat dan dijelajahi di ibu kota New South Wales tersebut. 

Mulai dari “terapi seni” di Art Gallery of NSW yang terkenal hingga menyaksikan banyak pemandangan alam indah di sepanjang jalan Sydney. Berikut 12 aktivitas yang bisa Anda lakukan secara cuma-cuma di Sydney. 12 hal ini cocok utnuk Anda yang berpergian seorang diri sebagai backpacker, bersama keluarga, atau pasangan.

1. Menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan di atas Sydney Harbour

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Pelabuhan perairan dalam Sydney adalah salah satu jalur air tersibuk di Australia dan menjadi ikon visual berkat Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge yang terkenal di dunia. Selain keajaiban arsitekturalnya, area di sekitar pelabuhan juga dihiasi dengan semak belukar dan keindahan alam. Waktu paling menakjubkan untuk mengagumi langit Sydney adalah saat matahari terbenam, golden hour, dan saat senja. Melihat pemandangan habour berubah dalam hitungan detik dengan langit merah, oranye dan merah muda, diikuti oleh iluminasi lampu kota.

2. Berjalan kaki di salah satu jalur penjelajahan pesisir dari Bondi ke Manly

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Dengan dibukanya jalur pejalan kaki buatan sepanjang 80 km yang menghubungkan Bondi dan Manly pada akhir 2019, wisatawan kini dapat berjalan di antara dua pantai paling ikonik di dunia. Beberapa jalur yang populer antara lain jalur South Head Heritage, Hermitage Foreshore Track, dan Bradleys Head Walk. Tak hanya berupa jalur pejalan kaki biasa, tetapi dengan melewati jalur ini wisatawan akan melewati kota pesisir dan tepi pelabuhan yang paling spektakuler, dengan beberapa di antaranya menawarkan pemandangan Sydney Harbour Bridge dan Sydney Opera House.

Baik Anda meluangkan waktu beberapa jam untuk menjelajahi bagian kecil dari jalur ini atau menjelajahi jalur tersebut secara keseluruhan selama tujuh hari, Anda tetap akan menemui banyak sekali pengalaman unik di sepanjang jalan, termasuk keindahan bersejarah dari Vaucluse House dan situs-situs penting suku Aborigin di Grotto Point.

3. Menikmati pertunjukan musik di Opera Bar

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Sebagai bar yang bisa dibilang paling ikonik di Sydney, Opera Bar menawarkan suasana udara terbuka yang sejuk dengan pemandangan Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge yang tak tertandingi. Pencinta musik dapat menikmati pertunjukan musik dari berbagai artis lokal dan internasional secara gratis setiap harinya.

4. Mengamati paus dari Mercusuar Barrenjoey

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Bagi Anda yang mencari sesuatu di luar kota, Anda dapat mengikuti perjalanan sehari ke Barrenjoey Lighthouse, yang terletak di Barrenjoey Head, Palm Beach, pantai utara Sydney. Dibangun pada tahun 1881, mercusuar ini hanya berjarak satu jam berkendara dari pusat kota Sydney. Tempat ikonik ini menjadi terkenal karena muncul dalam sinetron Australia Home and Away. Di balik itu, lokasi ini juga menjadi terkenal karena merupakan lokasi ideal untuk mengamati paus. Mereka yang berkunjung antara Mei dan September, wajib membawa teropong untuk melihat paus yang besar dan anggun ini bermigrasi.

5. Terapi seni di Art Gallery of NSW

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Salah satu galeri publik terpenting di Sydney adalah Galeri Seni NSW yang didirikan pada tahun 1871. Galeri seni ini memamerkan karya seni Australia dan internasional terbaik. Karya-karya modern dan kontemporer ditampilkan di ruang luas yang dipenuhi cahaya, sementara mereka yang mencari karya seni yang lebih tua dapat mengunjungi Grand Courts untuk mendapatkan koleksi terkemuka dari karya-karya kolonial Australia dari abad ke-19, serta para seniman terkemuka Eropa. Ada juga galeri khusus yang didedikasikan untuk karya seni Asia dan seni Aborigin, serta penduduk asli Selat Torres.

6. Rekreasi keluarga di Parsley Bay

Sumber: shutterstock.com

Dipuji karena merupakan kombinasi yang luar biasa dari taman, taman bermain, dan akses pantai, Parsley Bay di Vaucluse sangat ideal untuk rekreasi keluarga yang menyenangkan. Teluk ini tersembunyi di pinggiran kota bagian timur, menjadikannya sebagai tempat yang sangat baik untuk menghindari keramaian. Selain area renang tertutup, fasilitas piknik dan arena bermain, juga terdapat jalur berjalan di semak belukar (15-20 menit pulang pergi).

7. Menjelajahi Carriageworks Farmers Market

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Anda dapat melihat-lihat beberapa produk organik terbaik yang ditawarkan Sydney dan New South Wales di Carriageworks Farmers Market setiap hari Sabtu. Temui sejumlah kios organik bersertifikat yang menawarkan buah-buahan dan sayuran segar, tanaman, bunga, minyak, kacang-kacangan, serta kue kering bebas gluten yang lezat, pai hangat, serta kue-kue mewah.

8. Jelajah Sydney dengan tur berjalan kaki gratis

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menjelajahi suatu tempat selain dengan penduduk lokal. Tur berjalan kaki, seperti I’m Free dan Free Tours Sydney menawarkan berbagai tur berjalan kaki sambil mempelajari sejarah, budaya, dan arsitektur kota untuk menambah informasi menarik dan wawasan dari pemandu lokal. Dari tempat ikonik hingga permata tersembunyi, tur berjalan kaki gratis adalah cara terbaik untuk menemukan yang terbaik dari Sydney.

9. Berfoto di sekitar Newtown dan Bondi Beach yang dihiasi karya seni

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Terselip di pinggiran barat pusat bisnis Sydney, pencinta seni akan menyukai seni jalanan Newtown yang menakjubkan. Sejak 1980-an, pinggiran kota ini telah menjadi terkenal dengan berbagai macam grafiti dan seni jalanan yang menonjol. Anda akan mengagumi seni visual mulai dari lukisan mural berskala besar hingga slogan politik yang dilukis dengan tangan. Jika Anda masih menginginkan lebih banyak inspirasi seni, Anda dapat pergi ke Bondi Beach di mana Anda akan menemukan Bondi Beach Graffiti Wall yang ikonik. Selama bertahun-tahun, tembok tersebut telah menjadi tempat karya beberapa seniman jalanan paling terkenal di seluruh dunia. Karya seni unggulan berkisar dari kolase, stensil, seni pop, karya teks, catatan cinta, dan potret memorial.

10. Berenang di Macallum Harbour Ocean Pool

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Terletak di sisi barat Cremorne, Maccallum Pool adalah kolam bersejarah sepanjang 33 m di tepi pelabuhan dengan gaya arsitektur yang berasal dari tahun 1920-an. Dapat dicapai dengan feri dari Circular Quay, Anda dapat masuk ke kolam renang ini secara gratis dan memungkinkan Anda untuk berjemur di bawah sinar matahari dengan pemandangan Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

11. Taman bermain Darling Quarter 

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Darling Quarter adalah “negeri ajaib” gratis untuk anak-anak dan orang dewasa. Terkenal sebagai salah satu taman bermain terlengkap di kota, tempat ini adalah pusat keramaian yang penuh warna dengan kesempatan tak terbatas bagi anak-anak dari segala usia untuk meluncur, memanjat, berlari-lari, dan, bermain ayunan. Saat anak-anak mereka bermain, para orang tua dapat menikmati kemeriahan di Village Green atau melihat-lihat pameran seni dan pasar yang ada.

12. The Calyx di Royal Botanic Garden

Sumber: content.destinationnsw.com.au

Terletak di jantung Royal Botanic Garden Sydney, Calyx didefinisikan sebagai kelopak bunga atau calyx yang membungkus kelopak dan membentuk lapisan pelindung di sekitar kuncup bunga. Calyx dikenal sebagai permata dari Royal Botanic Garden. Tempat ini menawarkan arsitektur yang menakjubkan dan tampilan bunga vertikal terbesar di belahan bumi bagian selatan. Terdapat  kafe di siang hari dan event room malam hari, Calyx dianggap sebagai salah satu tempat paling unik dan paling menarik di Sydney yang harus dikunjungi.

Gimana, jadi tak sabar untuk eksplore Kota Sydney di liburan kali ini? Anda bisa pesan sekarang untuk keberangkatan sampai pertengahan tahun ini. Cek link berikut untuk lihat informasi lengkapnya.