Lakukan 3 Hal Ini Jika Berlibur ke Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang selalu dirindukan. Sekali Anda mengunjungi Yogya, maka keinginan Anda untuk kembali akan semakin besar. Apa yang membuat Yogya begitu dirindukan? Ini karena Yogya memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia. Mulai dari penduduknya yang ramah, sejarah kotanya yang kaya, pemandangan alamnya yang menakjubkan, hingga kulinernnya yang menggiurkan.

Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Yogya dalam waktu dekat ini? Jika ya, jangan lupa lakukan 3 hal ini ketika mengunjungi kota tersebut, dijamin Anda akan semakin kagum dengan Yogyakarta

  • Berpetualang ke Objek Wisata Alam Yogya
Gunung Merapi Sebagai Latar Belakang Foto

Jika berbicara tentang Yogya, pemandangan alam apa yang pertama terlintas di pikiran Anda? Yup, Gunung Merapi. Gunung yang masih aktif ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang bisa Anda temui di Yogya. Jika Anda tak tertarik untuk mendakinya, tak masalah. Anda tetap bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang “gagah” ini. Datanglah ke Kawasan Kaliurang, tepatnya di Bungker Kaliadem, maka Anda akan menemukan spot foto incaran para turis. Posting di sosial media Anda, maka follower Anda akan iri melihatnya.

“Cahaya Surga” di Yogyakarta

Selain ke Kaliadem, Anda juga bisa memilih wisata ke Gua Jomblang. Objek wisata yang berada di Pacarejo, Semanu ini masuk ke dalam tempat wisata kelas dunia, loh! Buktinya, beberapa bulan lalu artis dari Korea seperti Super Junior dan TVXQ baru aja melakukan syuting ke daerah tersebut. Di Gua Jomblang ini, Anda bisa melakukan susur gua yang cukup menantang. Namun, hasilnya tak akan mengecewakan. Anda dapat melihat bagaimana cahaya dari atas menyinari hingga masuk melalui mulut gua. Titik ini menjadi spot foto favorit dan sering disebut sebagai “cahaya surga”.

  • Mencicipi Kuliner Khas Yogya
Gudeg Sebagai Makanan Khas Yogyakarta

Bukan liburan jika tidak mencicipi kuliner khas kota tersebut. Jika ke Yogya maka gudeg menjadi menu wajib yang harus wisatawan cicipi. Banyak sekali penjual gudeg di Yogya, tetapi yang paling terkenal dan harus Anda coba adalah Gudey Yu Djum. Salah satu keunggulan Gudeg Yu Djum dibanding gudeg-gudeg lainnya adalah semua bahannya dimasak menggunakan alat masak tradisional yakni kayu bakar. Jadi, dijamin rasanya “nendang”! Bila Anda ingin membeli untuk oleh-oleh, Gudeg Yu Djum tersedia dalam bentuk kaleng atau tempat khusus yang bisa Anda beli.

Baca juga : Wisata Domestik yang Sedang Tren di Tahun 2020

  • Mempelajari Sejarah Yogya

Sudah wisata alam dan mencicipi makanan khas Yogya, lalu apa selanjutnya? Bagaimana jika berwisata ke tempat yang penuh dengan nilai sejarah dari Kota Pelajar ini? Bila biasanya wisatawan akan mengunjungi Candi Prambanan, maka kami akan memberikan destinasi lainnya, yakni Taman Sari dan Kotagede.

Kolam di Taman Sari

Taman Sari masih menjadi bagian dari Keraton Yogyakarta. Di tempat wisata ini, Anda akan mempelajari sejarah mengenai Sri Sultan Hamengkubuwono I yang membuat Taman Sari sebagai tempat peristirahatan bagi para istri-istri dan selir raja. Dibalik kisah sejarahnya, Taman Sari kini menjadi tempat yang cukup ramai dikunjungi untuk foto-foto. Spot yang paling menjadi favorit adalah pemandangan Taman Sari dengan kolam di tengahnya.

Menikmati Wisata Seni dan Budaya Yogyakarta di Kotagede

Alternatif lain bisa melancong ke Kotagede. Tahukah Anda, jika Kotagede sudah masuk ke dalam daftar wisata seni dan budaya di Yogyakarta? Masuknya Kotagede sebagai wisata seni dan budaya karena berhasil dipugar dan berubah menjadi kawasan yang sangat instagenic. Di tempat ini, Anda bisa melihat bentuk dari rumah-rumah para bangsawan zaman dahulu. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berada di daerah tahun 1700-an, Kotagede adalah tempat yang tepat buat dikunjungi.

Baca juga : Selain Bali, Inilah 5 Wisata Paling Memikat di Indonesia

Yuk, yang rindu Yogyakarta mari rencanakan liburan ke sana. Dan jangan lupa lakukan tiga hal di atas agar liburan makin mengasyikan. Untuk Anda yang ingin liburan domestik di Indonesia, langsung aja klik tautan ini www.smailingtour.co.id. Selamat menjelajahi pariwisata Indonesia!